google-site-verification: google29dddf1ade3470ee.html Pengertian Website ~ Cuma Sekedar Tau

Pengertian Website adalah disingkat dari WEB yaitu sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman yang berisi informasi dalam bentuk data digital baik itu berupa teks, gambar, video dan audio serta animasi lainnya yang disediakan melalui jalur koneksi internet sehingga dapat diakses atau dilihat oleh semua orang pengguna internet dari seluruh dunia.

Pada dasarnya sebenarnya website dibagi menjadi dua yaitu :
  • Website statis Adalah web yang halamanya tidak berubah-ubah biasanya untuk melakukan perubahan   halaman tersebut dilakukan secara manual dan secara berkala dengan cara merubah kode. Website statis merupakan informasi satu arah yaitu hanya berasal dari pemilik nya saja dan hanya bisa diupdate oleh pemiliknya sendiri juga. Contoh dari website statis yaitu website profil perusahaan.
  • Website dinamis Adalah web yang halamannya selalu diupdate biasanya pada halaman administrator untuk mengubah dan menambah artikel. Web dinamis ini membutuhkan database untuk menyimpan data tersebut. Webiste dinamis memiliki komunikasi informasi dua arah yaitu dari pengguna dan pemilik website dinamis ini. Sehingga artikel bisa diupdate oleh pengguna dan pemilik website dinamis contohnya website dinamis seperti jejaring sosial seperti twitter, facebook dan lain-lainnya.

Unsur-unsur pada website

  • Nama domain adalah yaitu alamat yang unik dan tidak akan ada yang sama antara alamat website satu dengan website lainnya di dunia maya. URL ini diperjual belikan dengan sistem sewa tahunan serta akhir dari url disesuaikan dengan lokasi dan kepentingan dibuat atas pemilik website tersebut. Contoh www.contoh.org untuk organisasi www.contoh.com untuk perusahaan www.contoh.co.id untuk pendidikan serta www.contoh.ac.id juga untuk pendidikan
  • Website hosting adalah ruangan yang terdapat dalam hardisk sebagai tempat penyimpanan data file, video, email, database yang mana nantinya akan dipanggil dengan menggunakan mysql kan oleh website dan ditampilkan dihalaman website tersebut.
  • Bahasa program Adalah bahasa yang digunakan untuk membuat website itu sendiri misalnya html, php, java xml, jsp dan lain-lainnya.
  • Desain website merupakan hal yang sangat penting dalam bentuk website yang akan ditampilkan yang mana faktor dari kenyaman pengunjung website tentunya harus didesain sebaik mungkin dan mempunya navigasi  postingan yang mudah dilihat.
  • Program transfer data ke pusat data seperti FTP yaitu file transfer protocol yang merupakan akses yang diberikan saat memesan hosting. FTP berfungsi untuk mentransfer data dari komputer kita ke komputer hosting dan akan ditampilkan dihalaman website yang telah dibuat dan bisa dilihat oleh seluruh orang di dunia ini.

Kegunaan Website

  • Sebagai tempat untuk proses jual beli barang dan jasa.
  • Sebagai iklan bisnis online.
  • Tempat berbagi file kepada orang lain seperti situs mediafire .com.
  • Sebagai tempat perkumpulan untuk menyampaikan dan memberikan informasi seperti jejaring sosial facebook.
  • Sebagai tempat berbagi ilmu pengetahuan seperti blog Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Informasi ini.
  • Dan masih banyak lagi kegunaan dari website itu sendiri.

Categories:

0 komentar:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!